Mengatasi Permasalahan Wifi RTL8821AE 802.11ac ASUS e202SA di Ubuntu 16.04 LTS

Awalnya saya tidak menyadari permasalahan ini sampai suatu ketika setiap kali menghidupkan WiFi, netbook ASUS E202SA saya yang ber OS Ubuntu 16.04 LTS 64 bit, selalu bermasalah, yakni tidak pernah stabil. WiFi bisa connected dan berjalan normal, tapi tak lama kemudian akan disconnected dengan sendirianya setelah loading cukup lama. Ketika dicoba untuk connect lagi, selalu gagal. Ada apa gerangan ?

Ubuntu 16.04 LTS (Xenial Xerus)

ASUS E202SA memang direkomendasikan untuk Windows 10 64 bit, dan memang tidak bisa dijalankan secara dual boot. Pada akhirnya saya bisa menginstall Ubuntu pun perlu perjuangan, dan memang tidak pernah bisa atau sampai saat ini saya belum bisa untuk menjalankan Windows 10 bersama dengan Ubuntu 16.04. Sayang jika harus menginstall ulang Windows 10 mengingat banyak sekli program yang sudah saya install di dalamnya, akhirnya saya pun nekat menginstall Ubuntu setelah gagal beberapa kali. Saya coba terus dengan googling sana-sini, dan berhasil juga namun dengan pengorbanan: saya harus merelakan OS Windows 10 saya tidak bisa booting. Anehnya saya bisa booting ke Windows 10 dengan bantuan Flashdisk yang di dalamnya terdapat hasil ekstrak ISO Windows 10, alih-alih menuju ke Instalan Windows agar saya bisa melakukan repair justru masuk ke Windows 10. Jika saya lepaskan flashdisk-nya, maka Windows 10 saya akan hang dan berhenti bekerja.

Ok, itu adalah permasalahan saya antara Ubuntu dengan Windows, namun bahasan saya sebenarnya adalah mengenai WiFi yang tidak ada sangkut pautnya dengan masalah yang saya ceritakan di atas. Ini murni sebuah bug dari Ubuntu dengan Model WiFi RTL8821AE 802.11AC. Bug tesebut sudah teratasi dengan baik.

Jika ingin melihat informasi mengenai device WiFi, kita bisa mengetahuinya dengan menjalankan perintah Terminal berikut:

lspci | grep Wireless

Hasil perintah tersebut jika dijalankan di netbook saya akan muncul:

01:00.0 Network controller: Realtek Semiconductor Co., Ltd. RTL8821AE 802.11ac PCIe Wireless Network Adapter 

Sekarang, saatnya untuk memperbaiki permasalahan WiFi tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

sudo apt-get install linux-headers-generic build-essential git
git clone http://github.com/lwfinger/rtlwifi_new.git
cd rtlwifi_new
make
sudo make install
sudo modprobe rtl8821ae 

Jalankan perintah di atas secara perbaris, akhiri setiap perintah dengan enter. Kemudian Reboot. Jika tidak ada masalah lain, WiF RTL8821AE 802.11ac Anda akan berjalan normal di Ubuntu 16.04.

Sumber informasi saya dapatkan disini: https://medium.com/@elmaxx/rtl8821ae-wifi-drivers-in-ubuntu-16-04-4c1286524afa

Comments

  1. Apakah nanti ketika update kernel, tidak akan setting ulang lagi ?

    ReplyDelete

Post a Comment