Belajar ReactJs

Apa itu ReactJs?

ReactJs atau hanya disebut React (sebagaimana yang tertera di muka website officialnya) adalah "A JavaScript library for building user interface". Sementara definisi lain ReactJs sebagaimana yang diambil dari "Mengenal Pemrograman ReactJs" yang ditulis oleh Jubilee Enterprise, ReactJs adalah library Javascript yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan view (contohnya elemen dalam HTML) berdasarkan beberapa state (keadaan, biasanya dalam bentuk data). Lalu pertanyaannya apa itu "Library"? jangan mengartikannya sebagai perpustakaan secara fisik, dalam ilmu komputer Library adalah "koleksi dari rutin-rutin program yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan perangkat lunak. Library umumnya mengandung kode program dan data pembantu yang oleh programmer disebut helper untuk menyediakan layanan-layanan kepada program-program independen", demikian arti Library yang diambil dari Wikipedia. Kesimpulannya, ReactJs adalah library JavaScript (mengandung kode-kode atau fungsi JavaScript) yang siap kita pakai untuk membangun user interface dari sebuah aplikasi atau halaman website.

Siapa yang menciptakan ReactJs?

ReacJs dibuat oleh Facebook. Jika kamu pengguna Facebook hari ini, tampilan yang kamu saksikan dan bagaimana respon yang diberikan, disitu telah tertanam ReactJs dalam kode-kode sumber program yang membentuknya.

Aplikasi/website apa saja yang telah menggunakan ReactJs?

Aplikasi populer yang sering kamu pakai umumnya menggunakan ReactJs, seperti: Facebook, Instagram, Khan Academy, New York Times, Dropbox Carousel, WhatsApp, selengkapnya bisa cek di https://github.com/facebook/react/wiki/Sites-Using-React



Komentar