Upgrade ke Ubuntu 18.04 LTS

Kemarin, saya behasil melakukan upgrade ke Ubuntu 18.04 LTS dari Ubuntu 17.10 setelah muncul notifikasi dimana saya sudah bisa untuk mengupgradenya. Saya sering cek update-an terbaru dari Ubuntu 17.10, sebelum akhirnya saya mendapatkan notifikasi tersebut. Saya sudah mendengar sebelumnya dari Winpoin jika Ubuntu 18.04 telah dirilis, tepatnya dirilis 26 April lalu dengan nama Bionic Beaver, namun saya sama sekali belum menerima notif untuk bisa mengupgrade-nya.

Sumber: edited from Pixabay


Saya pun kemudian mencoba mengupgradenya dengan menggunakan terminal setelah mencari caranya di Google search namun gagal karena koneksi tidak stabil. Baru kemarin saya coba lagi, tapi saya hentikan ketika mencobanya dari terminal, sebab jendela notifikasi telah muncul. Jadi, saya upgrade mengikuti jendela yang muncul di desktop.  Sebenarnya jika koneksi berjalan normal, tidak banyak butuh waktu untuk download dan install, namun karena kemarin koneksi sedang tidak berjalan mulus, saya harus menungguinya sepanjang malam, bahkan sampai saya tertidur. Keesokan paginya, saya lanjutkan kembali karena rupanya ada langkah-langkah yang harus saya klik sementara saya sudah tidur. 

Bionic Beaver atau Ubuntu 18.04 LTS adalah versi LTS Ubuntu yang sangat stabil dan mendapatkan dukungan hingga lima tahun kedepan. Tahun ini, di bulan September mungkin nanti akan muncul versi 18.10, namun tidak wajib untuk upgrade kecuali jika kita menginginkannya. Versi-versi selain non LTS sebaiknya memang harus selalu di upgrade mengikuti perkembangan versi yang ada demi mendapatkan dukungan. Ubuntu 16.04 sendiri sebenarnya masih mendapatkan dukungan selama dua tahun lagi, jadi tidak perlu terburu-buru untuk migrasi ke 18.04. Namun, jika anda adalah seorang programmer lebih baik mengupgrade-nya untuk mendapatkan kompatibilitas yang lebih baik.

Saya sekarang adalah pengguna Ubuntu secara dominan, karena Windows 10 saya sudah berat untuk dijalankan. Ternyata lebih enak ngoding di Linux daripada Windows, sebabnya karena ketika saya menjalankan service Laravel jauh lebih cepat ketimbang di Windows. Saya memiliki keinginan untuk mengganti Windows saya dengan Windows redstone 5 yang lebih stabil, tapi tentu saja akan sulit kalau dilakukan dengan fresh install, jadi lebih baik wait and see jika ada notifikasi untuk upgrade ke versi Windows yang lebih baik.

Komentar