Upgrade ke Windows 10 April 2018 Update

Setelah dirilis pada 30 April 2018 lalu, Windows 10 April 2018 Update (sering digadang-gadang dengan nama Windows 10 Spring Creators Update) akhirnya berhasil terupgrade di ASUS E202SA yang saya miliki. Windows 10 April 2018 Update atau versi 1803 build 17134.1 merupakan versi update mayor Windows setelah Fall Creators Update yang rilis 17 Oktober tahun 2017 silam.



Ugrade ke Windows 10 April 2018 saya lakukan melalui file ISO Windows yang saya download di situs official Microsoft dan itu gratis. Hanya saja jika anda membuka link tersebut dari browser anda sekarang, menu untuk mendownload file ISO Windows pasti tidak akan anda temukan. Kita perlu mengubah User Agent pada browser kita seolah-olah kita sedang membukanya dari OS non Windows seperti misalnya dari Mac OS. Ada plugin browser Chrome yang bisa kita gunakan untuk mengubah User Agent tersebut, yang juga saya gunakan untuk mendownload file ISO Windows 10, yaitu User-Agent Switcher for Google Chrome.

Setelah plugin User Agent tersebut anda install, kemudian anda atur dengan klik icon yang berada di pojok kanan atas, dan pilih User Agent yang anda inginkan, saya memilih Safari on Mac.




Kemudian, kita bisa langsung menuju ke halama situs Microsoft dan akan muncul menu dropdown untuk mendownload file ISO, hanya ada satu pilihan yang diberikan yaitu Windows 10 April 2018 Update. 




File ISO Windows 10 April 2018 Update sebesar 4,5 Giga yang terdiri dari banyak tipe seperti Windows 10 Home, Windows 10 Education, Windows 10 Pro, dan tipe variannya. Saya sendiri memilih Windows 10 Pro English International 64 bit.

Penginstalannya sendiri saya tidak melakukan fresh install atau menginstall Windows dengan menghapus Windows sebelumnya. Saya memilih untuk mengupgradenya agar tidak menimpa Boot Manager sehingga menyebabkan saya kehilangan boot ke Ubuntu 18.04. Melakukan upragde sendiri cukup dilakukan di dalam Windows sendiri, kita tidak perlu memasukkan file ISO yang diekstrak ke flashdisk dan restart komputer. File ISO yang sudah diekstrak, kita jalankan saja file setup.exe, dan biarkan proses berjalan sampai proses upgrade selesai. 

Saya tidak tahu berapa lama proses upgrade-nya sebab saya tinggal tidur, nampaknya komputer melakukan restart dan menampilkan layar biru dengan tombol yang minta diklik. Komputer sedang melakukan setup sebelum masuk ke Windows 10 April 2018 Update.

Setelah masuk ke Windows, saatnya kita melakukan pembersihan file-file sampah paska instalasi terutama adalah folder windows old harus kita buang dengan melakukan Disk Clean up.


Comments