Waktu Tidak Bisa Menunggumu Lagi

Sumber: Pixabay.com


Setiap orang tumbuh sesuai dengan lingkungannya, mereka menyerap semua hal dimana mereka dibesarkan. Mereka yang pasif, menarik diri dari pergaulan, tumbuh besar melalui buku-buku, melihat dunia dari layar tv, suasana rumahan, dan sosok seorang ibu, akan tumbuh menjadi seseorang yang pasif jua dalam kehidupan ketika mereka tumbuh dewasa, mereka akan gagap dalam lingkungan pergaulan di masyarakat, mereka hanya aktif dalam dunia mereka sendiri, hanya bisa menuangkan pemikiran dalam dimensi lain namun tidak pada dunia sebenarnya, dan mereka yang punya kecenderungan pada hubungan satu arah, dan satu arah itu sangat besar sekali, yaitu pendamping hidupnya, “ibu” dewasa-nya setelah “ibu” nya sendiri.


Apa yang terjadi pada masa pertama dari usia remaja akan mempengaruhi struktur dasar dari perkembangan pribadinya, disusul dengan masa kedua, lalu berikutnya yaitu masa menuju dewasa, hingga suatu masa yang “membekukan” dimana pertumbuhan akan berjalan sangat lambat sampai rasanya sulit lagi untuk bisa di rekonstruksi ulang.

Bila kau sampai pada usia ini, maka kau harus mengambil kemudimu dengan segera, terbangkan pesawatmu sendiri menuju pulau impianmu, kencangkan sabuk pengaman, karena perjalananmu akan dipenuhi banyak guncangan, dan abaikan semuanya, karena waktu tidak bisa menunggumu lagi.

Catatan: Dalam terbangkan kemudi tidak perlu terlalu serius, sebab hidup adalah perjalanan yang penuh lika liku, dinamis, dan selalu mengalami turbulensi (guncangan). Jika kamu terlalu menyeriusi segala hal maka kamu akan menghadapi segala halnya dengan kaku. Belajarlah memilah mana yang harus diseriusi dan mana hal yang tidak perlu diseriusi.

Comments