Rekrutmen CPNS 2018 Resmi Diumumkan

Pemerintah akhirnya secara resmi mengumumkan pengadaan rekrutmen CPNS tahun 2018. Pengadaan CPNS 2018 ini secara konteksnya bertujuan melakukan reformasi manajemen ASN keseluruhan disamping memenuhi kebutuhan tenaga ASN yang masih kurang. Pemerintah memprioritaskan  CPNS untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur. Jumlah formasi yang disediakan Pemerintah sebanyak 238.015 formasi yang terdiri dari 51.271 formasi di 76 instansi Pemerintah Pusat dan 186.744 formasi untuk 525 instansi Pemerintah Daerah.

(gambar: elshinta.com)


Jumlah formasi sebanyak 51.271 yang disediakan instansi Pemerintah Pusat terdiri dari 24.817 formasi untuk pelamar umum, guru madrasah Kementerian Agama Kabupaten/Kota sebanyak 12 ribu formasi, dan 14.454 formasi untuk dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama. Sementara  untuk instansi Pemerintahan Daerah sendiri membuka sebanyak 186.744 formasi yang terdiri dari 30.429 formasi untuk pelamar umum, Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88 ribu formasi, guru agama sebanyak 8 ribu formasi, dan tenaga kesehatan sebanyak 60.315 formasi meliputi meliputi tenaga Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan tenaga Medis/Paramedis. Pemerintah juga menyediakan formasi khusus yang diperuntukkaan bagi Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, dan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang telah memenuhi persyaratan mengikuti seleksi CPNS.

Besarnya angka formasi yang disediakan Pemerintah untuk rekrutmen CPNS tahun 2018 ini tentu akan mengundang banyak peserta seleksi CPNS sehingga Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menyiapkan sebanyak 176 titik lokasi sebagai tempat seleksi CPNS yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 kantor Regional BKN, dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah. Dipastikan jumlah titik lokasi akan bertambah seiring dengan bertambahnya daerah yang mengajukan sebagai tempat lokasi tes.

Informasi lebih lanjut tentang rekrutmen CPNS 2018 dapat dilihat melalui website menpan.go.id, dan bkn.go.id. Apakah kamu berminat?






Comments