Upgrade ke Windows 10 October 2018 Update

Kemarin, saya melakukan upgrade dari Windows 10 April 2018 Update ke Windows 10 October 2018 Update dan berjalan dengan lancar di Thinkpad x230. Windows 10 October 2018 Update atau bisa juga disebut Redstone 5 sebagai codename-nya dirlis secara resmi pada 2 Oktober 2018 lalu.



Cara saya melakukan upgrade persis sama ketika upgrade ke Windows 10 April 2018 Update beberapa bulan lalu. Namun, ada perbedaan dimana saya menjalankan Windows Update terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade OS tujuannya agar lebih smooth saat melakukan proses peralihan dari April ke October. Mengapa saya memilih upgrade ketimbang fresh install, karena kalau install ulang bakal membuat saya harus menginstall kembali semua program. Saya pun memaksa untuk upgrade ketimbang menunggu ketersediaan update mayor dari Windows Update di komputer saya karena ingin segera mencicipi Redstone 5.

Redstone 5 menawarkan kelebihan-kelebihan yang belum dihadirkan di Redstone 4 dan untuk performa sendiri yang saya rasakan (setelah sukses menginstallnya) lebih ringan dari sebelumnya meskipun paska penginstalan awalnya terasa lebih berat. Hal itu terjadi mungkin karena belum melakukan proses pembersihan Disk Cleanup di drive C dimana salah satunya adalah menghilangkan folder Windows old yang menyimpan versi Windows sebelumnya. Jika yakin ingin menggunakan versi yang terbaru, sebaiknya dihapus saja karena akan memakan ruang spasi. Hasilnya, setelah melakukan Disk Cleanup dan Defrag, Windows menjadi lebih ringan. Saya memang menantikan dari versi terbaru Windows adalah performanya yang saya harapkan jauh lebih ringan dari versi-versi sebelumnya, ini juga terjawab di October Update

Comments